Tahun 2024 Pemkab Pangandaran Lebih Fokus pada Pengentasan Kemiskinan dan Stunting

    Tahun 2024 Pemkab Pangandaran Lebih Fokus pada Pengentasan Kemiskinan dan Stunting

    PANGANDARAN JAWA BARAT - Optimalisasi pengentasan kemiskinan, peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah hingga penanganan stunting menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Pangandaran. 

    Demikian dikatakan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata saat konfrensi pers seusai acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024 yang diselenggarakan oleh Bappeda di ballroom hotel Pantai Indah Timur Pangandaran, Rabu (01/03/2023).

    Disampaikanya bahwa, Jabatan bupati kan diperpendek hingga 2024, maka dari itu agar indikator-indikator yang tertuang dalam RPJMD
    2026 bisa dilaksanakan dengan baik,  maka kita perlu melakukan-percepatan percepatan.

    Disisi lain, pendapatan asli daerah kan tidak berlipat-lipat, maka dari itu, disitu perlu kepiawaian dan kerja keras dari semua pihak."Nah ini yang menjadi fokus kita,  seperti pengentasan kemiskinan dan stunting. Nah, untuk itu  saya akan memimpinnya  langsung hingga tahun 2024 sampai angka kemiskinan bisa turun drastis, " katanya.

    Menurut Jeje, hanya saja yang menjadi persoalan, kan angka kemiskinan itu lebih tinggi sementara angka pengangguran berada dilevel terendah. "Nah ini yang saya tanyakan ke pihak BPS saat Musrenbang tadi, " ucapnya.

    Sementara angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berada di angka 69 persen. "Di tahun 2024 IPM bisa mencapai diangka 70 persen, artinya angka IPM di Kabupaten Pangandaran sudah tinggi, " Ujarnya.

    Pada pelaksanaan Musrenbang 2024, Bupati Pangandaran membuka grand launching lomba Pangandaran Juara Inovasi, tahapan mulai bulan Maret 2023. Selain itu dilakukan juga pemberian penghargaan (Planning Award) OPD  yang melakukan  proses perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan tahun 2022 yang mana Badan Pengelolaan Keuangan Daerah juara satu, Dinas Sosial PMD juara dua dan Dinas Pertanian juara tiga.

    Dan untuk penghargaan tingkat kecamatan dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024 terbaik yaitu  Kecamatan Parigi juara satu, Kecamatan Cijulang juara dua dan Kecamatan Cigugur juara tiga.

    Tampak hadir dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten Pangandaran tersebut BPS Ciamis dan Bappeda Provinsi serta anggota DPRD Jawa Barat, Ketua DPRD Pangandaran dan anggota, pejabat pemerintah daerah dan unsur Muspika serta tokoh masyarakat dan organisasi. (Anton AS)

    pangandaran jawa barat
    Anton Atong Sugandhi

    Anton Atong Sugandhi

    Artikel Sebelumnya

    Corak Kepentingan Rentan Mencedrai Kesucian...

    Artikel Berikutnya

    Pimpinan dan Redaksi Jurnalis Indonesia...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Ungkap 149.400 Ekor BBL, Polda Lampung Selamatkan Kerugian Negara Rp37,3 M
    Dandim Malang Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo Ajak Masyarakat Gotong Royong Urus Anak Difabel

    Tags